Pilih Bahasa

Thursday 4 May 2017

Berdoa dengan tawasul itu penting, Lakukan !



Termasuk cara berdoa yang saya senangi adalah dengan model tawassul seperti yang saya tulis dibawah ini nanti, disamping fadilahnya besar ada yang menjadikan saya mengamalkannya secara continue karena langsung di ijazahi oleh Abah saya sendiri H Achmad Muzammil (Al fatihah…ilaa ruuhi H Achmad Muzammil wazaujatihi wa ushuulihi wa furuu’ihi… Aamiin). 
Al fatihah

Dan saya tidak ingin mendapatkan fadilah keutamaannya seorang diri, saya menginginkan keluarga saya, saudara saya, jama’ah saya dan orang orang yang saya cintai dari segenap kaum muslimin dan muslimat juga mengamalkannya. Agar dapat mendapatkan fadilah dan ikut yang diajari nabi Muhammad SAW. Dan Alhamdulillah setiap Majlis Ta’lim yang saya asuh senantiasa saya baca bersama sama dengan jama’ah diakhir pertemuan. Ini redaksinya


يَارَبِّ بِالمُصْطَفَى بَلِّغْ مَقَاصِــــــدَنَا ٭٭ وَغْفِرْلَنَامَامَضٰى يَاوَسِعَ الْكَـــرَمِ
             مَوْلىَ يَصَلِّ وَسَلِّمْ دَائِمًااَبَــــــدَا ٭٭ عَلٰى حَبِيْـــــبِكَ خَيْرِالْخَلْقِ كُلِّـهِمِ
        هُوَالْحَبِيْبُ الَّذيْ تُرْجَى شَفَاعَتُه ٭٭ لِكُلِّ هَوْلٍ مِنَ الْأَهْوَالِ مُقْتَحِمِ
ياَ أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ ياَ أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ **  ياَ أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ فَرِّجْ عَلَى الْمُسْلِمِينَ

Ya Allah dengan nabi pilihan (nabi Muhammad) kabulkan maksud kami ## Dan ampuni dosa kami yang telah lalu wahai dzat yang maha luas kemulyaannya

Wahai dzat yang maha penolong berikanlah rahmat dan salam senantiasa dan abadi ##  Kepada kekasihMu (nabi Muhammad) yang sebaik baiknya ciptaan dari seluruh makhluk

Dialah (nabi Muhammad) kekasih yang diharapkan syafaatnya ## dari kejadian semua huru hara yang menggetarkan jiwa

Wahai dzat yang maha pengasih lebih dari segala yang mengasihi ## lapangkanlah untuk orang orang muslim

Akan tetapi saya heran dengan beberapa orang yang menyalahkan cara berdoa seperti ini dengan bermacam macam alasan

1. Doa tidak perlu melalui perantara langsung saja minta kepada Allah
2. Doa yang tidak diajarkan rasul

Saya tidak menyalahkan mereka, saya  berhusnudzon kepada mereka bisa jadi “Mereka belum tahu !”

1. Doa ini bukan minta dengan perantara ke nabi Muhammad SAW, akan tetapi langsung minta kepada Allah SWT dengan membawa sesuatu yang dicintai oleh Allah yaitu nabi Muhammad SAW.  Coba Lihat Redaksinya

يَارَبِّ بِالمُصْطَفَى
Ya Rabb / Ya Allah : kalimat ini bukti bahwa mintanya langsung kepada Allah tidak melalui perantara

2. Doa seperti ini langsung diajarkan oleh nabi Muhammad untuk kategori “Doa yang penting untuk segera dikabulkan oleh Allah”

Dalam Musnad Imam Ahmad, Tersebutlah salah seorang sahabat yang bernama Usman bin Hunaif (sahabat yang buta), Maka beliau memohon kepada nabi agar di doakan biar bisa melihat. Kemudian Rasulullah memerintahkan kepada Usman bin hunaif untuk wudlu dan sholat serta membaca doa yang diajarkan langsung oleh rasulullah

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ يَا مُحَمَّدُ إِنِّي تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّي فِي حَاجَتِي هَذِهِ فَتَقْضِي لِي اللَّهُمَّ شَفِّعْهُ فِيَّ



            Ya Allah sesungguhnya saya minta kepadaMu dengan nabiMu Muhammad …
           

Dari Hadist diatas Karena permintaan yang penting untuk segera dikabulkan oleh Allah maka nabi mengajari doa dengan cara tawassul: Dengan menggunakan redaksi (بِنَبِيِّكَ) sama dengan redaksi doa diatas (بِالمُصْطَفَى )

Begitu juga dalam shohih Bukhori dijelaskan bahwa Umar bin khottob r.a saat ditimpa kemarau panjang, Beliau memohon hujan dengan paman nabi (Abbas bin Abdul Mutholib)

اَللَّهُمَّ إِنَّا كُنَّا نَسْتَسْقِي إِلَيْكَ بِنَبِيِّنَا فَتَسْقِينَا, وَإِنَّا نَتَوَسَّلُ إِلَيْكَ بِعَمِّ نَبِيِّنَا فَاسْقِنَا، فَيُسْقَوْنَ

Ya Allah, sesungguhnya kami dahulu memohon hujan kepada-Mu denganNabi kami, lalu Engkau beri kami hujan, dan sekarang kami bertawasul kepada-Mu dengan paman Nabi kami, maka berilah kami hujan. Lalu diturunkan hujan kepada mereka.

Lihat redaksi diatas ( بِنَبِيِّنَا ) dan ( بِعَمِّ نَبِيِّنَا ) sama dengan redaksi doa diatas (بِالمُصْطَفَى ) yang merupakan doa model ini dibaca ketika permintaan kita penting dan ingin segera dikabulkan oleh Allah SWT dan sekaligus menjadi petunjuk bagi kita tawassul kepada selain nabi juga diperbolehkan yang dengan orang-orang yang sholih (bukti doa ini adalah tawasul kepada Abbas bin Abdul Mutholib)

Note : Model doa ini juga kita temukan didalam redaksi sholawat nariyah.

Demikian doa dengan tawassul itu diajarkan kepada kita oleh nabi kita Muhammad SAW agar doa kita segera dikabulkan oleh Allah SWT. Masihkah kita masih tidak mau berdoa dengan cara tawassul atau masih menyalahkan padahal itu semua diajarkan nabi kita Muhammad SAW. Semoga kita bisa mengamalkannya. Aamiin.

By In'amul Choiri

No comments:

Post a Comment