Pilih Bahasa

Tuesday 2 May 2017

Tiada Hari Tanpa Membaca Surat al Mulk



Diantara surat yang dianjurkan dibaca setiap hari adalah surat al Mulk. Begitu besar manfaat dan keutamaan yang ada di dalamnya. Dengan jumlah ayat yang hanya 30 ayat maka membacanya pun tidak menyita waktu kita. 


Kehidupan alam kubur merupakan pintu gerbang dari kehidupan akhirat (potret awal kehidupan selanjutnya di akhirat, Bila bahagia maka insyaallah akan bahagia selanjutnya begitu juga sebaliknya). Alangkah senangnya bila di alam kubur sudah berada di taman taman surga dan alangkah malangnya bila dialam kubur menjadi jurang jurang dari Neraka.

Sudahkah kita memastikan kehidupan alam kubur kita menjadi taman taman surga ???

Dalam riwayat al-Hakim: Surat Tabarak (al-Mulk) adalah pencegah dari azab kubur. Dengan sanad yang shahih”. Disetujui oleh Imam adz-Dzahabi.

Diriwayatkan dalam riwayat yang lain : Rasulullah SAW tidak akan tidur kecuali membaca surat al Mulk terlebih dahulu.

Dari Abdullah bin Mas’ud, ia berkata: “Siapa yang membaca tabarakalladzi bi yadihi al-mulk (surat al-Mulk), maka Allah Swt mencegahnya dari azab kubur.  Kami pada masa Rasulullah Saw menyebutnya surat al-Mani’ah (pencegah). Sesungguhnya dalam kitab Allah ada satu surat, siapa yang membacanya pada satu malam maka sungguh ia telah berbuah banyak dan melakukan kebaikan”.

Dari Abu Hurairah. Dari Rasulullah Saw. Beliau bersabda: “Sesungguhnya di dalam al-Qur’an ada satu surat, tiga puluh ayat, memberikan syafaat kepada seseorang hingga ia diampuni. Itulah surat tabarakalladzi bi yadili al-Mulk”. (HR. Abu Daud dan at-Tirmidzi).

Dari Ibnu Mas’ud, ia berkata: “Didatangkan (malaikat) di dalam kuburnya. Datang ke kedua kakinya, kedua kakinya berkata: ‘Kamu tidak mendapat jalan bagiku. Ia berdiri membaca surat al-Mulk denganku’. Kemudian didatangkan ke dadanya –atau ia berkata: ‘ke perutnya’. Dadanya berkata: ‘Kamu tidak mendapat jalan bagiku, ia membaca surat al-Mulk dengan aku’. Kemudian didatangkan ke kepalanya, kepalanya berkata: ‘Kamu tidak mendapatkan jalan bagiku, ia membaca surat al-Mulk denganku’. Surat al-Mulk pencegah yang dapat mencegah dari azab kubur. Di dalam Taurat disebut surat al-Mulk. Siapa yang membacanya dalam satu malam, maka sungguh telah berbuat banyak dan berbuat kebaikan yang terbaik”. HR. Al-Hakim, ia berkata: ‘Sanadnya shahih’. Disetujui oleh Imam adz-Dzahabi.

Ayo kita niatkan mulai mengamalkan “Tiada hari tanpa membaca surat al Mulk” Insyaallah akan diberikan kemudahan oleh Allah SWT dalam melaksanakannya dan Raih Jaminan yang sudah disampaikan rasulullah SAW.

By In'amul Choiri

No comments:

Post a Comment